Tanda Silang Merah di Layar Komputer Bisa Jadi Tanda Terkena Malwar

Pengguna komputer umumnya sudah memahami risiko perlengkapan terkena virus. Beberapa pemakai komputer kadang mengira perlengkapan mereka melambat lantaran terserang virus komputer atau dikenal program komputer riskan (malware).

Padahal komputer melambat belum pasti komputer terserang malware. Bisa jadi komputer melambat sebab sebab teknis yang lain.

Product Manager PT Malindo Sinergi Teknologi, penyalur produk eScan, Roan Aulia menuliskan ada tips untuk memahami apakah komputer yang digunakan pemakai terinfeksi malware atau tidak. 

Roan menuturkan, pada komputer berbasis Windows, teknik mudah guna mendeteksi apakah terpapar malware atau tidak ialah di pojok kanan bawah. Jangan sepelekan tanda tersebut.

"Biasanya bila Windows, di pojok kanan bawah tersebut tanda tanda silang warna merah. Kalau tersebut ada berarti komputer terjangkit malware atau virus," ujarnya. 

Langkah lainnya guna mengidentifikasi komputer terpapar malware yaitu cek apakah di layar komputer ada semacam pesan pop up tertentu yang asing dari program yang dijalankan pemakai. Pesan pop up seringkali muncul dari malware. 

"Tampilan hadir di dashboard. Ingat ketika ada malware WannaCry sejumlah waktu kemudian itu," ujarnya. 

Komputer yang tiba-tiba nge-hang, menurut keterangan dari Roan, dapat juga menunjukkan komputer pemakai sudah terkena malware. 

Dia menjelaskan, malware yang telah menjangkiti komputer bakal memakan memori. Dampaknya komputer bakal mengalami situasi nge-hang. 

"Minimal anda buka file menjadi lambat dan lama. Sebab resources kenangan termakan virus," jelasnya.
Tanda Silang Merah di Layar Komputer Bisa Jadi Tanda Terkena Malwar Tanda Silang Merah di Layar Komputer Bisa Jadi Tanda Terkena Malwar Reviewed by buyazen on Mei 17, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.