Penyebab dan Gejala Tipes yang Perlu Diketahui


Tifus atau tipes adalah penyakit peradangan pada usus. Penyebabnya biasanya adalah bakteri yang bernama Salmonella thyposa. World Healt Organization (WHO) mencatat terdapat 16-33 juta orang jumlah penderita tipes dari seluruh dunia. Kenyataan tersebut semakin memprihatinkan dengan fakta 500-600 ribu orang meninggal akibat penyakit tersebut di setiap tahun. Sebenarnya resiko tipes ini bisa diminimalisir, hanya saja masih sedikit orang yang paham akan gejala tipes sehingga terlambat mendapatkan penanganan yang tepat.

Lantas apa saja yang dapat memicu seseorang terkena penyakit tipes? Berikut uraiannya.

Bukan hanya Salmonella thyposa, melainkan ada pula jenis bakteri lainnya yang dapat menjadi penyebabnya munculnya penyakit tipes, yaitu Salmonella paratyphi A, dan Salmonella paratyphi B, terkadang bisa disebabkan oleh jenis Salmonella sp. yang lain, namun yang disebabkan oleh Salmonella typhosa yang cenderung berkembang menjadi penyakit yang lebih berat.

Bakteri Salmonella sp. termasuk bakteri yang cukup kuat, sebab dapat hidup pada suhu ruangan dan suhu yang rendah selama beberapa hari. Selain itu, bakteri ini dapat bertahan hidup pada bahan makanan kering, sampah dan tinja selama beberapa minggu. Oleh karenanya, sanitasi yang buruk dapat menjadi penyebab munculnya penyakit tipes.

Buruknya sanitasi yang bisa menyebabkan tipes 

Di Indonesia, khususnya, penyebaran Salmonela sp. biasanya melalui konsumsi air yang sudah tercemar oleh kotoran yang ditempati oleh bakteri tersebut. Maka tidak heran jika tipes menjadi penyakit yang paling marak terjadi ketika musibah seperti banjir, gempa bumi, atau tanah longsor tiba. 

Tidak pernah berolahraga 

Memang tidak tampak berkaitan, karena tipes merupakan penyakit yang menyerang pencernaan. Tetapi rajin berolahraga dapat membuat kekebalan tubuh menjadi lebih baik, sehingga jika ada Salmonella sp. yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh bisa melakukan perlawanan dan tidak sampai menyebabkan tipes. 

Makanan yang tidak bersih 

Ketika Anda memakan, entah disengaja atau tidak, makanan yang sudah ditempati oleh Salmonella sp., maka bisa saja Anda menjadi terinfeksi dan terkena penyakit tipes. Makanan-makanan yang kurang terjaga kebersihannya itu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang kebersihannya terjaga. 

Tempat makan yang tidak bersih 

Selain makanannya, tempat makan yang tidak bersih juga dapat memicu terjadinya infeksi oleh bakteri Salmonella sp. Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa untuk selalu mencuci dengan bersih semua peralatan makan.

Penyebaran tipes sendiri ada dua jenis, yaitu melalui fecal-oral dan karier (pembawa). Sehingga ada peran objek lain yang telah tercemar oleh bakteri. Objek tersebut bisa berupa makanan, minuman, air, atau yang lain. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi makanan yang diolah oleh penderita tipes yang tidak menjaga kebersihan, terutama setelah buang air, maka risiko tertular penyakit tipes semakin besar.

Rupanya penderita tipes yang sudah sembuh, masih dapat menyebarkan bakteri penyebab tipes. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat bakteri di saluran pencernaan atau kantung empedunya, yang bisa hidup hingga bertahun-tahun. Kondisi ini dapat menjadi pemicu penyebaran bakteri penyebab tipes kepada orang lain melalui kotorannya. Inilah yang disebut sebagai karier (pembawa) penyakit tipes.

Demikianlah informasi mengenai penyebab serta gejala tipes yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan ya!

Penyebab dan Gejala Tipes yang Perlu Diketahui Penyebab dan Gejala Tipes yang Perlu Diketahui Reviewed by buyazen on Mei 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.