21 Manfaat Bawang Putih: Mencegah Kanker, Alzheimer, Hipertensi, Pilek dll

Bawang putih sudah umum dikenal sebagai bumbu dapur utama. Hampir semua orang pernah mengonsumsinya. Yang menarik dari manfaat bawang putih adalah manfaatnya yang mampu mencegah kanker.

Bawang Putih

Langsung saja berikut di bawah ini manfaat bawang putih.

1. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia
Terjadinya masalah gangguan pada syaraf akibat serangan radikal bebas. Bawang putih memiliki zat antioksidan yang fungsinya mampu memproteksi tubuh dari serangan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif.

Kandungan antioksidan di dalam bawang putih memiliki peran penting dalam mencegah Alzheimer dan demensia, yang merupakan penyakit yang berkaitan dengan usia yang telah tua.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa kandungan di dalam bawang putih mampu menghambat kerusakan sel otak yang disebabkan oleh masalah stres. Bawang putih bisa berguna untuk mencegah proses penuaan dini, mencegah penyakit alzheimer, parkinson dan demensia.

2. Sebagai Anti Kanker
Bawang putih mempunyai zat anti kanker yang mampu mencegah pertumbuhan sel berbagai jenis kanker yang sangat berbahaya.

Para peneliti menemukan bahwa zat PhIP, yang merupakan salah satu jenis amina heterosiklik (HCA), itu merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan para ilmuwan, menemukan bawa zat diallyl sulfida yang terkandung di dalam bawang putih berfungsi untuk menghambat pertumbuhan dan transformasi zat PhIP menjadi zat karsinogen yang sangat berbahaya.

Zat karsinogen merupakan zat yang dapat memicu seseorang terkena kanker, terutama kanker payudara.

Kandungan sulfida alil di dalam bawang putih yang berperan sebagai anti kanker. Zat anti kanker ini mampu untuk menghambat tumbuhnya sel-sel kanker yang sangat berbahaya untuk kesehatan, seperti kanker pankreas, kanker usus, kanker perut, kanker prostat, dan kanker payudara.

Pada sebuah studi multinasional yang melibatkan pria dan wanita dari 10 negara. Dimana tujuan studi ini adalah untuk mengamati asupan-asupan yang mampu melawan kanker. Pada studi ini, menemukan bahwa kandungan di dalam bawang merah dan bawang putih mampu menurunkan risiko kanker usus (European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition / EPIC)

Hasil dari studi ini telah menemukan adanya keterkaitan antara bawang putih dengan penurunan resiko kanker usus besar. Dimana pada studi ini, wanita yang diminta rutin mengkonsumsi bawang putih ternyata beresiko lebih rendah terkena kanker distal usus dibandingkan dengan wanita yang jarang mengonsumsi bawang putih.

Hasil studi lainnya di San Francisco, telah menunjukan bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan resiko kanker pankreas. Dimana pada penelitian ini, menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi bawang putih memiliki risiko lebih rendah sebesar 54% terkena kanker pankreas dibandingkan orang yang tidak atau jarang mengonsumsi bawang putih.

The National Cancer Institute menyetujui bahwa bawang putih memiliki sifat antikanker yang cukup ampuh untuk meawan penyakit kanker. Hanya saja khasiat senyawa aktif yang terkandung di dalam bawang putih bisa mengurang akibat pengolahan yang dilakukan atau cara penyajian konsumsi bawang putih.

loading...

3. Menurunkan Hipertensi
Konsumsi bawang dapat juga Anda andalkan untuk mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi.
Sudah banyak penemuan mengenai bawang putih mampu secara efektif menurunkan hipertensi. Umumnya penelitian yang dilakukan adalah dengan metode menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

4. Mengatasi dan Mencegah Pilek
Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, manfaat bawang putih mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Pastikan dalam mengonsumsi makanan atau memasak Anda menyertakan baan alami bawang putih yang cukup.

5. Mengontrol berat badan dengan bawang putih
Bawang putih bisa membantu Anda mengendalikan berat badan, menurut ahli gizi Cynthia Sass, yang mengutip sebuah studi dengan obyek sebuah tikus. Penelitian menunjukkan tikus yang diberikan asupan bawang putih mengalami penurunan berat badan dan tingkat lemak di dalam tubuhnya.

Dengan begitu, untuk memperoleh manfaat bawang putih untuk membantu menurunkan berat badan (ataupun mencegah obesitas) maka cobalah untuk memasak dengan menyertakan bahan bawang putih setiap hari.

6. Membantu Pertumbuhan Rambut yang Indah
Senyawa sulfur yang ditemukan di dalam bawang putin, mampu secara efektif mengtasi masalah kerontokan rambut. Penggunannya yaitu menggosok irisan siung bawang putih pada kulit kepala.

Anda juga dapat mencampurkan minyak (seperti minyak zaitun, dll) dengan bawang putih, lalu aplikasikan dan pijat ke kulit kepala.

7. Membantu Membersihkan Jerawat
Anda dapat mengandalkan bawang putih untuk mengatasi jerawat. Dengan kandungan antioksidan di dalamnya berfungsi untuk membunuh bakteri. Anda bisa menggunakannya hanya dengan menggosok irisan bawang putih yang dicampur cengkeh. Cara alami ini cukup efektif.

Bawang putih yang dipotong lalu dihancurkan nantinya akan melepaskan sebuah senyawa yang memiliki sifat antibiotik, dan juga berfungsi untuk membersihkan darah di dalam tubuh.

Namun, peran bawang putih ini hanya untuk membantu membersihkan jerawat di wajah, sehingga Anda tetap perlu perawatan lainnya yang utama.

8. Mengatasi Masalah Luka
Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi alami yang membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Suplemen bawang putih dinilai mampu mempercepat proses penyembuhan.

9. Mengatasi Psoriasis dengan Bawang Putih
Bawang putih telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, yang berguna untuk mengurangi wabah psoriasis yang sangat membuat tidak nyaman. Anda hanya perlu menggosokan minyak bawang putih pada daerah kulit yang terkena itu. Lakukan secara hati-hati.

10. Menghilangkan Sakit Gigi
Umumnya sakit gigi terjadi akibat serangan bakteri pada gigi. Bawang putih memiliki sifat anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Bawang putih juga mengandung analgesik yang mampu secara efektif menurunkan gejala rasa sakit gigi, dan membantu mengobati sakit gigi hingga sembuh.

Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih bekerja untuk menyembuhkan sakit gigi. Cincang kecil-kecil bawang putih, lalu letakan pada gigi yang berlubang atau yang mengalami sakit.

11. Mencegah Pembekuan Darah
Kandungan di dalam bawang putih mampu bermanfaat untuk membersihkan vena dan arteri di dalam tubuh, lalu juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan mengencerkan darah yang hal ini penting untuk mencegah terjadinya pembekuan darah di dalam tubuh.

Mengonsumsi bawang putih juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, hal ini memberikan kegunaan untuk melebarkan pembuluh darah.

12. Untuk Kesehatan Jantung 
Konsumsi barang putih ternyata juga bermanfaat bagi organ jantung yang lebih sehat. Kandungan di dalam bawang putih bermanfaat untuk mengatasi masalah koleserol tinggi, dan juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat-manfaat yang dimiliki kandungan bawang putih ini sangat penting untuk mencegah penyakit super berbahaya, yaitu stroke dan penyakit jantung. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang bekerja untuk menghancurkan kolestrol jahat di dalam tubuh.

13. Baik Bagi Penderita Diabetes
Mengonsumsi bawang putih bermanfaat untuk meningkatkan produksi insulin di dalam darah, hal ini bermanfaat besar bagi orang yang mengalami masalah diabetes. Sehingga Anda bisa memanfaatkan manfaat dari bawang putih ini sebagai pengobatan tambahan untuk penyakit diabetes.

14. Mengobati Sakit di Tenggorokan
Kandungan di dalam bawang putih memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, hal ini berguna untuk mengobati sakit tenggorokan, penyakit batuk dan radang tenggorokan.

Mengonsumsi bawang putih bisa membantu untuk mengatasi masalah gatal pada tenggorokan. Manfaat bawang putih juga bisa memperkuat tubuh, untuk menangkal serangan flu dan demam. Sehingga tubuh tidak mudah mengalami demam dan pilek.

15. Melawan Infeksi
Kandungan yang sangat banyak di dalam bawang putih, berupa kandungan vitamin C, vitamin B6, alicin, kalium, magnesium, kalsium, selenium dan flavonoid.

Kandungan-kandungan tersebut sangat penting keberadaannya dalam melawan infeksi yang menyerang tubuh. Konsumsi bawang putih mampu membunuh bakteri jahat, jamur, dan virus di dalam tubuh.

16. Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Bawang putih juga dapat Anda manfaatkan untuk keindahan kulit. Seperti untuk membersihkan komedo. Dimana di bagian hidung yang paling muncul komedo, untuk mengatasinya hanya dengan mengoleskan potongan bawang putih pada bagian tubuh yang terkena komedo.

Anda juga dapat memanfaatkan bawang putih untuk menghilangkan bekas luka, hal itu karena bawang putih memiliki sifat anti radang. Bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, caranya dengan mengoleskan bawang putih pada kulit bekas luka.

Selain itu, Anda bisa menggunakan bawang putih untuk mengatasi masalah jerawat, caranya hanya dengan membalurkan potongan bawang putih.

17. Baik Untuk Penderita Diabetes
Mengonsumsi bawang putih bisa membantu menurunkan kadar glukosa darah berlebih dan menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh. Kandungan di dalam bawang putih dapat merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi insulin, hal ini berguna bagi mereka yang mengalami masalah diabetes.

Hanya saja beberapa penelitian menyebutkan bahwa bawang putih tidak mampu memberikan manfaat secara signifikan dalam mengatasi penyakit diabetes yang diderita, penelitian mengenai hal ini masih terus dilakukan.

Manfaat bawang putih juga berperan untuk mengontrol kadar kolesterol agar tidak berlebihan di dalam tubuh, demikian juga mengontrol kadar trigliserida. Beberapa penelitian sudah menyebutkan bahwa kandungan di dalam bawang putih bisa berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Hal ini menjadi berita baik bagi penderita diabetes yang ingin mengonsumsi bawang putih, untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit bersama diabetes, seperti mencegah penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular.

18. Menjaga Kesehatan Organ Hati
Peradangan pada organ hati atau umumnya disebut hepatitis merupakan sebuah penyakit yang berbaaya, yang dampak terburuknya bisa menyebabkan kematian. Kebiasaan buruk minum alkohol memicu timbulnya penyakit berbahaya ini.

Penyakit juga sering disebut ‘sakit liver’ ataupun ‘sakit kuning’. Kandungan di dalam bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mencegah ataupun mengobati penyakit kerusakan organ hati ini.

Seorang Ilmuwan dari Perancis bernama Louis Pasteur, pada tahun 1858 dia menyebutkan bahwa bawang putih mampu mencegah infeksi pada tubuh.

Pada sebuah studi yang diterbitkan di ‘Indian Journal of Experimental Biology’ pada tahun 2011. Dimana studi tersebut menggunakan obyek hewan tikus. Tikus diberikan asupan senyawa timbal selama tujuh hari, lalu dialkukan pengecekan sejau mana luka dan kerusakan pada organ hati.

Setelah itu tikus diberikan asupan ekstrak bawang putih segar, hasilnya mampu mengurangi jumlah kerusakan hati. Peneliti mengklaim bahwa kandungan antioksidan di bawang putih yang memberikan manfaat penyembuhan pada tikus.

Mengenai hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, penelitian pada manusia perlu dilakukan sebelum bawang putih nantinya mendapatkan rekomendasi sebagai obat herbal untuk penyakit organ hati.

19. Melindungi Tanaman dengan Bawang Putih
Hama taman tidak suka bawang putih, sehingga membuat pestisida alami dengan menyertakan bahan bahan bawan putih. Tuangkan ke dalam botol semprot dan semprotkan tanaman Anda untuk mengusir berbagai hama yang merusak tanaman (pembuatan pestisida alami dengan campuan minyak mineral, air, dan sabun cair).

20. Mengusir Nyamuk dengan Bawang Putih
Para ilmuwan agak sedikit terkejut, tampaknya nyamuk tidak menyukai bawang putih. Sebuah studi di India telah menemukan bahwa bawang putin sangat tidak disukai nyamuk dan serangga semacamnya. Anda dapat memanfaatkannya, untuk menjauhkan rumah dari berbagai macam gangguan serangga.

21. Bawang Putih Dapat Anda Manfaatkan untuk Membantu Menangkap Banyak Ikan
Hal itu karena ikan begitu tertarik dengan aroma bawang putih, Anda bisa membeli umpan dengan bau yang seperti itu. Sehingga membuat ikan-ikan nantinya bisa lebih tertarik pada umpan yang mengandung bau bawang putih.

Referensi dari laman RD.com dan lainnya
21 Manfaat Bawang Putih: Mencegah Kanker, Alzheimer, Hipertensi, Pilek dll 21 Manfaat Bawang Putih: Mencegah Kanker, Alzheimer, Hipertensi, Pilek dll Reviewed by buyazen on Februari 06, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.