Cara Mengatasi Flu yang Sudah Lama Diderita

Mengatasi Flu yang Sudah Lama Diderita -- Umumnya seseorang mengalami penyakit flu yang sangat lama karena pola hidup yang diterapkan kurang baik, seperti tidak memperhatikan kondisi lingkungan sehingga tidak mengambil tidakan pembersihan saat lingkungan kotor.

Hal ini menyebabkan merajalelanya penyebaran dan perkembangan bakteri, sehingga akhirnya membuat seseorang mudah terserang penyakit.

Kemudian pola hidup yang buruk seperti tidur yang terlalu malam seperti jam 12 malam baru tidur, bahkan jam 2 malam baru tidur, menyebabkan sistem imun yang ada di dalam tubuh menjadi sangat lemah dalam usaha menangkal berbagai macam pnyakit yang menyerang, termasuk penyakit flu.

Kesalahan lainnya dari pola hidup yang buruk adalah pola makan yang tidak teratur, serta yang juga sangat tidak baik adalah mengkonsumsi makanan dalam porsi yang terlalu banyak dalam sekali makan, hal ini sangat membahayakan kesehatan organ yang bertugas mencerna makanan di tubuh.

Penyebab mengapa seseorang mengalami flu bisa karena debu kotor yang masuk ke dalam hidung, demikian juga polusi udara, sisa kulit hewan peliharaan di rumah yang sudah mati, spora, tungau kotoran dan serbuk sari, yang jika sampai terhirup bisa menyebabkab terjadinya flu di dalam tubuh.

Cara Mengatasi Flu yang Sudah Lama Dialami

Walaupun memang penyakit Flu ini dianggap tidak berbahaya oleh banyak orang, tetapi penyakit flu ini sudah cukup untuk benar-benar mengganggu berbagai aktivitas sehari-hari yang dilakukan.

Bahkan penyakit yang sering diremehkan ini, dalam suatu kondisi dapat sangat lama untuk disembuhkan, sehingga cukup membuat jiwa menjadi frustasi karena gangguan dari penyakit flu ini. 

Berikut di bawah ini beberapa cara yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi penyakit flu yang sudah lama dialami, sehingga nantinya bisa sembuh atas izin Allah:
  1. Hindari lingkungan kotor, sehingga jika kondisi di dalam rumah Kamu kotor, harus dibersihkan segera.
  2. Hindari tempat yang terdapat polusi udara
  3. Pakai masker. Solusinya jika Kamu terpaksa harus melewati tempat yang banyak polusi udaranya adalah memakai masker.
  4. Hindari kontak langsung (atau minimal jangan terlalu dekat) dengan orang lain yang juga menderita sakit flu. 
  5. Dalam suatu kondisi tubuhmu mungkin terasa gerah, sehingga patut diingat bahwa penting untuk jangan berlebihan dalam penggunaan kipas angin, karena bisa memperburuk kondisi penyakit flu yang Kamu derita.
  6. Disarankan juga menggunakan baju yang lebih tebal dari biasanya untuk melindungi tubuh, serta gunakan selimut ketika tidur. 
  7. Mandi Air Hangat, yang secara tidak secara langsung bermanfaat untuk menyembuhkan flu, serta membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Saat mandi air hangat, maka buang seluruh lendir dari hidung. Kemudian rasakan hidung dengan air hangat, yang membuat hidung terasa lega dan bermanfaat untuk membunuh bakteri di hidung.
  8. Gunakan obat anti alergi, seperti golongan antihistamin H-1 yang bermanfaat untuk mengobati alergi, yang juga dikombinasikan dengan dekongestan oral, hati-hati dalam penggunaan obat. Cara paling mudah dan aman adalah sesuai dengan resep dokter
  9. Jika memang kondisi masih buruk, maka penting untuk sering berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit yang diderita., karena dikhawatirkan aalah hal-hal yang tidak diinginkan yang “bercokol” di dalam tubuh.
  10. Dirasankan untuk banyak minum cairan hangat (yang paling baik air putih hangat).
  11. Hindari mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang manis dan juga berminyak
  12. Hindari mengkonsumsi minuman yang dingin ketika sedang menderita flu
  13. Kamu bisa buat teh herbal hangat dan mengkonsumsinya, kemudian juga disarankan menkonsumsi sup kaldu ayam.
  14. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran, dimana kandungan mineral dan vitaminnya amat bermanfaat untuk membantu kondsi tubuh agar dapat fit kembali, selain itu juga sangat berguna untuk memperkuat sistem imun tubuh.
  15. Hindari paparan bahan kimia seperti parfum, obat semprot, dan sebagainya karena bisa memicu memburuknya kondisi penyakit flu.
  16. Utamakan untuk menkonsumsi makanan yang organik, seperti ayam dan telur yang sangat disarankan.
  17. Kamu juga bisa melakukan metode penyembuhan, dengan cara berkumur dengan air garam yang hangat
  18. Penyembuhan dengan jeruk nipis dan madu
  19. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Untuk metode pengobatannya, yaitu ambil 1 buah jeruk nipis yang sudah tua, kemudian peras airnya lalu tambahkan dengan air hangat. Kemudian  tambahkan madu dan aduk rata. Setelah itu segera Kamu minum ketika dalam keadaan masih hangat seperti itu. Manfaat dari ramuan ini adalah untuk mengatasi pilek sekaligus juga sakit tenggorokan.
  20. Pengobatan dengan jahe, caranya ambil jahe secukupnya saja, setelah itu bersihkan jahe lalu tumbuk sampai halus. Lalu tambah dengan sedikit merica bubuk dan madu. Terakhir Kamu seduh dengan segelas air hangat, kemudian minum ketika dalam keadaan hangat.
  21. Mengatasi pilek dengan inhalasi sederhana, yaitu dengan meletakkan air panas di dalam sebuah wadah, kemudian Kamu menambahkannya dengan minyak kayu putih. Lalu hirup uap  yang keluar dari air panas itu, supaya uap tidak kemana-mana maka bisa menggunakan handuk.
  22. Kamu bisa menggunakan alat semprot khusus hidung (nasal spray) yang di dalamnya mengandung decongestan, manfaatnya guna meringankan gejala hidung tersumbat, serta mengatasi ingus terlalu sering keluar yang sangat merepotkan.

Untuk mencegah munculnya flu yang diinginkan ini, maka ada beberapa poin yang perlu untuk Kamu ketahui dan terapkan:
  1. Jangan terlalu kelelahan, terutama ketika tubuh terkena penyakit flu, perkirakan aktivitas yang Kamu lakukan sehari-hari agar sesuai dengan kemampuan dan kondisi Kamu, jangan memaksakan diri beraktivitas terlalu keras. Untuk itu biarkan tubuh beristirahat sehingga hal ini membantu proses penyembuhkan.
  2. Jangan makan-makanan junk food yang malah akan membuatmu akan menderita penyakit flu dengan lebih lama lagi, karena di dalam makanan junk food terdapat kandungan-kandungan yang yang berbahaya dan merusak sistem organ tubuh.
  3. Hindari bergadang, selain tidak sehat, baik itu dilakukan oleh orang yang dalam kondisi fit maupun orang yang sedang sakit, apalagi bisa sampai membuat Kamu mengalami insomnia, maka hal ini menambah masalah baru saja jadinya. Ketika malam hari tubuh akan sangat butuh untuk istirahat guna memberbaiki sel-sel tubuh, dan banyak manfaat lainnya termasuk memperkuat daya tahan tubuh yang sangat diperlukan untuk melawan penyakit flu yang diderita.

Flu Berlangsung Lama juga bisa menjadi bentuk gejala Sinusitis


Ada hal terburuk yang terjadi ketika seseorang mengalami flu yang berlangsung sangat lama, yaitu terkena gejala sinusitis.

Sinusitis merupakan adalah peradangan, atau pembengkakan, dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) yang bisa berkembang dan menyebabkan infeksi (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Sinusitis).

Agar dapat tahu apakah tubuh terkena gejala sinusitis, maka perlu mengunjungi dokter THT, yang nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik, setelah itu akan dilakukan tes darah. 

Nantinya dari tes darah yang dilakukan, maka kita dapat mengetahui apakah tubuh terkena sinusitis atau tidak.

Sehingga apabila memang Kamu mengalami flu dalam jangka waktu yang tidak wajar alias sangat lama, maka dikhawatirkan itu adalah indikator tubuh terkena sinusitis.

Tetapi yang perlu diingat bahwa belum dapat dipastikan orang yang mengalami flu dalam waktu sangat lama berarti terkena sinusitis. Adapun untuk amannya yaitu periksakan diri ke dokter. 

Pesan terakhir dari artikel yang saya buat kali ini adalah penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sehingga lingkunganmu menjadi lingkungan yang sehat.

Selain itu jangan lupa pola hidup sehat seperti yang sudah disinggung diatas.
Cara Mengatasi Flu yang Sudah Lama Diderita Cara Mengatasi Flu yang Sudah Lama Diderita Reviewed by buyazen on Maret 07, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.