Penyebab dan 17 Cara Mengatasi Rasa Mual pada Ibu Hamil Muda Tanpa Obat

Hal yang penting bagi para Ibu atau calon Ibu yang sedang mengandung calon buah hati, yaitu mengenai timbulnya sebuah gejala rasa mual, yang umumnya hal ini dialami oleh setiap Ibu Hamil, dimana ini sering disebut juga dengan Morning Sickness.

Yang sebenarnya mual di awal kehamilan menjadi sebuah bentuk terjadinya proses peningkatan hormon kehamilan, sehingga ini adalah hal yang normal terjadi.

Pada beberapa produksi hormon estrogen dan progesteron mengalami peningkatan sehingga menyebabkan terjadinya perubahan fungsi neuron, serta alat tubuh lainya.

Terdapat cara yang sebenarnya sederhana saja untuk mengatasi rasa mual di awal kehamilan, dimana untuk melakukannya tanpa perlu obat, adapun untuk penggunaan obat maka perlu resep dari dokter.

Cara mengatasi mual saat hamil ini adalah hal yang perlu untuk diketahui, terutama ketika mengalami rasa mual dan muntah saat trimester pertama.

Masa hamil muda adalah masa yang penting dan rentan....


Ketika masa hamil muda hingga masa kehamilan berumur tiga bulan, maka dalam masa ini janin masih rentan untuk mengalami keguguran, sehingga pada masa masa hamil muda, ibu hamil harus menjaga kehamilannya agar tetap dalam keadaan yang baik.

Dimana pada masa ini tidak hanya janin yang rentan mengalami keguguran gugur, selain itu ibu hamil juga mudah mengalami rasa mual hingga muntah. 

Pada Ibu hamil akan mengalami sebuah kondisi berupa indera penciumannya yang lebih peka, rasa mual juga mudah timbul ketika ibu hamil mencium sesuatu yang menusuk penciumannya, atau bau yang menyengat.

Penyebab yang memicu rasa mual saat hamil?


Beberapa penyebab yang memicu rasa mual saat hamil ini, yaitu ibu hamil dalam kondisi menderita Asam Lambung Dimana bagi ibu hamil yang pernah memiliki riwayat asam lambung ketika masa remaja atau masa mudanya, maka dapat lebih rentan terkena mual dan muntah.

Terutama ketika ibu hamil dalam kondisi perutnya kosong (tidak makan) dalam waktu yang lama maka akan rentan mengalami mual karena kondisi asam lambung yang kumuat atau naik. 

Akibat hormon estrogen yang meningkat...


Penyebab lainnya karena hormon estrogen yang meningkat, yang dapat mempengaruhi kondisi asam lambung. Dimana Hormon estrogen banyak diproduksi ketika pagi hari, sehingga umumnya ibu hamil merasakan mual ketika pagi hari.

Penyebab selanjutnya karena metabolisme yang berubah, yang terjadi lebih lambat dibandingkan sebelum terjadinya kehamilan, sehingga hal ini mengakibatkan timbulnya rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

Penyebab lainnya karena kondisi pencernaan yang terdesak, dimana ini memberikan resiko saat hamil besar maka baru merasakan mual, hal itu terjadi karena perkembangan janin yang mendesak organ pencernaan dan juga saluran cerna.

Dimana saluran cerna dan organ pencernaan semakin terdesak, sebagai ruang untuk janin untuk tumbuh dan berkembang.

Kondisi psikologis atau kejiwaan juga memperngaruhi...


Penyebab terakhir karena faktor psikologis, dimana ini juga dapat memicu terjadinya rasa mual pada ibu hamil adalah psikologis, dimana perasaan kejiwaaan yang tertekan karena suatu sebab, bisa membuat ibu hamil menjadi rentan mengalami mual.

Untuk itu penting dalam me-manage hati dengan baik agar terhindar dari rasa stres dan depresi ketika masa kehamilan.

Mual pada ibu hamil bisa memberikan resiko buruk, sehingga perlu dipantau...


Kondisi mual ketika hamil beresiko dapat menjadi sangat berbahaya, sehingga harus mendapatkan penanganan medis dengan baik. Beberapa indikasi dari adanya bahaya mual pada ibu hamil yaitu:
  • Ketika makan dan minum ibu hamil selalu disertai dengan rasa mual dan muntah.
  • Jumlah urin yang sedikit.
  • Badan selalu terasa lemas dan lesu, sehingga tidak bisa bangun dan berjalan dari tempat tidur.

Beberapa indikasi tersebut memberikan resiko bahwa ibu hamil terkena penyakit hiperemisi gravidarum, dimana ini perlu perawatan intensif di rumah sakit guna mengembalikan kondisi ibu hamil agar baik kembali.

Apabila tidak ditangani dengan baik maka dapat menyebabkan hal terburuk yaitu membahayakan nyawa ibu hamil sendiri, karena penyakit ini menyebabkan ibu hamil kekurangan cairan serta tenaga, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius.

Cara mengatasi rasa mual pada ibu hamil muda tanpa obat


Berikut di bawah ini beberapa cara mengatasi mual pada Ibu Hamil:
  1. Mengkonsumsi Susu Kehamilan, dimana basanya susu hamil bisa menjadi salah satu pencegah mual dan rasa eneg. Karena kandungan vitamin B6 yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mencegah mual saat hamil.
  2. Istirahat Cukup dan Hindari Stress, seperti membuat tubuh menjadi rileks, hindari pikiran-pikiran yang berat, apalagi pikiran yang aneh-aneh maka harus dihindari. Pada masa hamil seperti ini maka dapat megisi waktu luang dengan hal yang positif seperti diantaranya mendengarkan murotal Al-quran sambil santai, atau juga membaca Alquran. 
  3. Makan Permen Jahe Atau Minuman Jahe, dimana konsumsi jahe bermanfaat untuk mencegah rasa mual saat kehamilan. Kamu dapat melakukannya dengan menyeduh minuman jahe atau mengkonsumsi permen jahe
  4. Makan Sedikit Tapi Sering, hal ini cukup baik untuk diterapkan, dimana ini lebih baik dibandingkan dengan sekali makan langsung banyak. Dimana makan dengan porsi yang sedikit dapat membuat makanan dapat masuk lebih lancar dan mudah ke dalam tubuh, dibandingkan dengan makan dengan porsi yang banyak walaupun jarang. Selain itu mmengkonsumsi makanan dengan porsi banyak hanya akan membuat ibu hamil menjadi bertambah mual. Penyebab lainnya juga kaena biasanya ibu hamil akan merasakan mual atau eneg ketika melihat makanan dengan jumlah porsi yang banyak.
  5. Makanan yang disarankan dikonsumsi adalah makanan yang kaya akan karbohidrat, dimana makanan yang mengandung banyak karbohidrat bermanfaat untuk menghindarkan ibu hamil dari rasa lemas dan lesu. Apabila ibu hamil tidak semangat untuk mengkonsumsi makanan karbohidrat, maka dapat dipancing nafsu makannya dengan mengkonsumsi buah yang segar.
  6. Dimana kebiasaan umumnya wanita ketika pagi hari adalah langsung beranjak dari tempat tidurnya, tetapi bagi wanita yang baru hamil muda akan merasakan mual pada pagi hari, sehingga saat merasakan mual, maka sebaiknya ibu hamil mengambil camilan atau biskuit yang DILETAKAN DI TEMPAT TIDURNYA SEBELUMNYA.  KETIKA rasa mual mereda, maka barulah ibu hamil boleh beranjak dari tempat tidurnya.
  7. Hindari Makanan Penimbul Gas karena dapat membuat perut menjadi terasa kembung atau penuh, beberapa makanan yang menimbulkan gas yang perlu dihindari yaitu kol, nangka, durian, sawi hijau, serta makanan hasil fermentasi seperti tape ketan, tape singkong dan lainnya.
  8. Adapun sayuran sebagai makanan sehat yang disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu bayam.
  9. Jauhi Makanan Penambah Rasa Mual, seperti makanan dengan lemak tinggi, makanan yang berminyak banyak seperti gorengan, dimana minyak sulit diuraikan usus sehingga membuat timbulnya rasa mual.
  10. Hindari makanan pedas, terutama bagi ibu hamil yang memiliki masalah asam lambung atau riwayat penyakit tersebut. Dimana makanan pedas memicu meningkatnya kadar asam lambung di dalam lambung, sehingga mengakibatkan ibu hamil akan merasakan mual hingga muntah. 
  11. Minum air putih yang cukup, terutama air hangat yang bermanfaat sebagai penetralisir penyebab mual, hal itu karena rasa hangatnya yang sangat baik untuk organ usus.
  12. Mengkonsumsi Buah Kaya Vitamin C, dimana kandungan vitamin C yang ada di dalam buah memiliki kemampuan untuk menetralisir rasa mual. Akan tetapi buah yang rasanya terlalu asam tidak dianjurkan untuk ibu hamil yang menderita asam lambung.
  13. Konsumsi buah kaya serat dan vitamin. 
  14. Menghirup Udara Pagi, yang berguna untuk menghilangkan rasa mual, dimana ketika mencium udara segar di pagi hari maka menbuat tubuh menjadi sangat rileks, ketika tubuh dalam keadaan rileks maka membantu syaraf otak untuk bekerja menghilangkan rasa mual
  15. Ibu hamil merasakan mual hingga muntah maka penting untuk segera istirahat yang cukup. Diaman dengan berIstirahat berguna untuk membantu pikiran dan badan rileks, yang membuat mual bisa hilang 
  16. Hindari Bau Menyengat yang dapat menimbulkan rasa mual, seperti bau masakan yang menusuk hidung seperti bau nasi yang baru mau matang, bau terasi, bau bumbu yang ditumis. Kemduian juga bau bensin, bau solar, bau keringat orang manusia di tempat umum bau pembersih lantai, detergent, bau asap knalpot maka perlu dihindari
  17. Menghirup Aroma Terapi, karena dapat menenangkan dan juga dapat menghilangkan rasa mual. 
Penyebab dan 17 Cara Mengatasi Rasa Mual pada Ibu Hamil Muda Tanpa Obat Penyebab dan 17 Cara Mengatasi Rasa Mual pada Ibu Hamil Muda Tanpa Obat Reviewed by buyazen on Januari 07, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.